Tingkatkan Kompetensi, LPTQ Tangsel Gelar Orientasi Perhakiman MTQ

LPTQ Banten – Menjadi Dewan Hakim pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) bukanlah tugas yang mudah. Selain memiliki kompeten di bidangnya juga harus tahu kode etik yang harus dijalani saat bertugas. Demikian pernyataan Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada acara Orientasi Perhakiman MTQ, di gedung Kelembagaan, Pamulang, Tangsel, Selasa (22/06/2021).

Lebih lanjut Kepala Kantor menjelaskan tugas sebagai Dewan Hakim merupakan amanah besar, oleh sebab itu mereka harus menjalankan tugas sebaik mungkin. Karena yang dilakukan harus dipertangungjawabkan dunia dan akhirat.

“LPTQ Nasional dari waktu ke waktu berupaya menyempurnakan pedoman perhakiman dalam MTQdan STQ (Seleksi Tilawatil Quran). Akan tetapi pedoman perhakiman sebagus apa pun tanpa didukung oleh dewan hakim yang profesional dan berintegritas, akan percuma,” tegasnya.

Oleh karena itu, sambungnya, Dewan Hakim harus memahami pedoman dan teknik perhakiman atau penilaian. Dewan Hakim harus bersikap jujur, adil, sopan, dan berwibawa dalam melaksanakan tugasnya, serta memegang teguh rahasia sebelum dan sesudah penilaian.

“Selain itu Dewan Hakim juga harus Profesional, Objektif, Berakhlak Qur’ani, Sehat jasmani rohani, dan Disiplin,” tandasnya.

Para Dewan Hakim diberi pembekalan sesuai bidangnya masing-masing, yang dibagi menjadi 7 kelompok, yaitu Bidang Tilawah dan Syarhil Qur’an, Bidang Tahfizh dan Qiraat Sab’ah, Bidang Tafsir Bahasa Arab, Bidang Tafsir Bahasa Inggris, Bidang MKQ (Kaligrafi), Bidang MQK (Qiroatul Kutub), dan Bidang Hadits.

Bertindak sebagai Narasumber, Dr. K.H. M. Sobron Zayyan, S.Q., M.A., Dr. Hj. Umi Husnul Khotimah, M.A., Dr. H. Ahmad Dahuri, M.A. Prof. Dr. H. Jawahir Hedjazzie, M.H., Dr. H. A. Tholabi Kharlie, M.A., M.H., Drs. KH. Nasuha Abu Bakar, MA., dan Dr. H. Fudhoili, M.A.

Selain itu, Ketua Panitia Kegiatan, Zaenal Muttaqin, menuturkan, pada kegiatan ini juga diadakan Uji Kompetensi, Simulasi Penilaian, dan Tes Tertulis.

“Diharapkan kualitas Dewan Hakim pada MTQ XII Tingkat Kota Tangsel yang akan digelar pada tanggal 2-5 Juli 2021 mendatang akan lebih baik sehingga menghasilkan bibit unggul dalam menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Banten,” pungkasnya.[]***

You might also like