Terima Santri Baru, Ponpes Irhamna Bil Quran Satukan Dua Metoda Cepat

PANDEGLANG, (IR).-

Pondok Pesantren Irhamna Bil Quran Pandeglang membuka penerimaan santri baru, sejak 1 Desember hingga 9 Januari 2020.

“Tahun ini santri baru yang bakal diterima hanya sedikit, hanya 120 pendaftar,” kata Pengasuh Pesantren Irhamna Bil Quran, Kiai Ahmad Taftajani, kemaren.

Disebutkan, para calon santri pendaftar gelombang pertama akan menjalani tes masuk pada tanggal 10 Januari 2021. Setelah itu, akan dibuka pendaftaran gelombang kedua pada 11 Januari hingga 13 Maret 2021.

“Tes masuk calon santri pendaftar gelombang kedua dilaksanakan tanggal 14 Maret 2021,” ujarnya.

Sementara itu, imbuh Kiai Taftajani, pendaftaran gelombang  3 akan dibuka pada 15 Maret hingga  5 Juni 2021. Para pendaftar gelombang 3 akan menjalani tes masuk pada 6 Juni 2021.

“Gelombang 3 akan ditutup jika kuota sudah penuh. Sebab, jumlah santri baru akan dibatasi,” kata Kiai Taftajani.

Dikatakan, Pesantren Irhamna Bil Quran tidak hanya mengajarkan kepada para santrinya menghafal Alquran dengan metoda cepat. Akan tetapi, seluruh santri juga dididik tentang cara cepat belajar membaca kitab gundul.

“Untuk metoda cepat belajar membaca kitab gundul, kami mendatangkan para ustaz dari Pesantren Sidogiri yang sudah dikenal dengan metoda almiftahnya,” kata Kiai Ahmad Taftajani.

Dengan metoda ini, kata Kiai Taftajani, santri yang belajar kitab dari nol sampai bisa membaca kitab gundul hanya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Bahkan banyak di antara santri yang hafal matan taqrib hanya tiga minggu, hafal dan faham nadzom maksud hanya tiga bulan, hafal dan faham imrithi tiga  bulan, dan hafal serta  faham alfiyah ibnu malik hanya 5 bulan,” imbuh Kiai Taftajani.

Program berikutnya, Pesantren Irhamna akan menjadikan beberapa kitab sebagai bacaan wajib di pesantren. Kitab-kitab dimasud, antara lain uqudul juman, arud, zubad, usul fiqh, qoidah fiqih, mantiq, ilmu hadits dan ilmu tafsir.

“Intinya, insya Allah Pesantren Irhamna Bil Quran akan memadukan dua metoda cepat, yakni cepat menghafal Alquran dan cepat belajar membaca kitab kuning,” tegasnya.*

 

You might also like