SERUNYA ILC MENATAP INDONESIA

Oleh Endang Yusro

Guru Pada Pondok Pesantren Bait Et-Tauhied

Menyaksikan Indonesia Lawyer Club kemarin malam, Selasa 11 Februari 2020 serasa begitu meriah karena dihadiri tokoh-tokoh Nasional. Nama-nama tokoh yang dimaksud adalah Jusuf Kalla (Wapres RI dua periode), Mahfud MD (Menkopolhukam), Erick Thohir (Meneg BUMN), Emil Salim, Rizal Ramly, Aa Gym, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, Sujiwo Tedjo. Mereka sengaja diundang menghadiri ILC yang bertema “Menatap Indonesia ke Depan Lewat ILC” sekaligus pada acara HUT ke 12 tvOne.

 

Diskusi paling menarik berawal saat Aa Gym mengawali komentarnya berkaitan dengan tema diskusi. Sang Kiai mengomentari bahwa pembinaan akhlak merupakan faktor penting menjawab permasalahan bangsa saat ini. Aa Gym dan Mahfudz Md memuji menteri BUMN Erick Tohir. Bahkan Aa memanggilnya Ustad Erick.

Dalam komentarnya Kiai yang sempat pakem karena kasus poligaminya ini mengatakan, “Alhamdulillah, hari ini saya sangat tersengat, sangat berbahagia, dan sangat bersyukur mendengar satu patah kata kunci dari kata Pak Erick, yaitu masalah akhlak.”

 

Selang beberapa saat kemudian, Ekonom Rizal Ramli membantah pernyataan dukungan Aa Gym terhadap kata kunci “(Menjaga, pen.) Akhlak”. Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengatakan, “Akhlak enggak ada ilmunya enggak ada gunanya.” Jadi menurutnya akhlak dan ilmu itu beda persoalan. Sebagaimana ditulis Tribun Wow.com, “Mahfud MD Sindir Langsung Rizal Ramli di ILC, Singgung Kucing Diberi Kalung hingga Masalah Akhlak.”

 

Mendengar komentarnya Rizal Ramli yang menganggap akhlak dan ilmu itu beda persoalan, sontak membuat Menkopolhukam, Mahfudz Md angkat bicara. Sang menteri tidak setuju dengan pernyataan Rizal Ramli. Menurutnya, ilmu itu adalah bagian dari akhlak. “Ilmu itu akhlak juga, akhlak itu ilmunya itu sunahnya.” Begitu kata Sang menteri yang menjadi prifesional hukum ini. Lebih jauh Mahfudz MD mengatakan bahwa dalam pandangan Rizal Ramli, pemerintahan ini tidak pernah benar, kecuali saat dirinya menjabat sebagai menteri.

 

Mendengar pembelaan dari Pak Menteri yang juga jebolan pesantren ini membuat Aa Gym mendapat angin segar. Pernyataannya tentang akhlak sebagai dukungan atas kata kunci yang digulirkan Eric Thahir diamini oleh Pak Menteri yang juga biasa mengisi cermah agama, Prof. Dr. K.H. Mahfudz MD., S.H., S.U., M.I.P. Sehingga ketika didaulat menutup acara ILC untuk memimpin doa, Aa Gym semakin mantap berbicara akhlak untuk menatap wajah Indonesia.*

You might also like