Masjid Amr bin Ash & Keberkahan Doa

 Kholid Ma’mun

Pengajar di Ponpes Modern Daar El Istiqomah

Ketua Bidang Pendidikan dan Dakwah AMHI Banten

Masjid Amr bin Ash Cairo adalah salah satu dari beberapa tempat yang diberkahi Allah di muka bumi dan merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk berdo’a.

Masjid Amr bin Ash terletak di sisi timur sungai Nil, tepatnya di wilayah Fustat, bagian kota tua Cairo, masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun di Mesir bahkan di Afrika. Menurut keterangan Masjid ini dibangun pada masa kekhalifahan Sayyidina Umar bin Khatab tepatnya tanggal 6 Muharam 21 Hijriah atau 17 Desember 642 Masehi, oleh gubernur Mesir saat itu, Sayyidina Amr bin Ash.

Sebagai tempat sujud pertama di negeri Fir’aun tentunya sangat wajar jika Allah memberikan keberkahan dan keistimewaan. Dengan atas dasar ini pula Allah memberikan keistimewaan bagi siapa yang menengadahkan tangan untuk berdo’a di sini.

Di antara ulama yang menyaksikan keberkahan tempat ini adalah Abu Harun Al-Harqi dan Ibn Matuj, menurtnya tempat keramat yang manjur untuk berdo’a adalah sekitar mihrab kecil di sebelah samping masjid

Amalan yang bisa dikerjakan sebagai bentuk munajat di tempat mulia ini adalah

1. Shalat hajat 2 rekaat

2. Dilanjutkan dengan istighfar 100 x
3. Membaca shalawat 100 x
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

4. Membaca do’a

اللهم انى أسألك وأتوسل إليك بحرمة هذه التربة المباركة التى اخترتها لأول قبلة فى أرض مصر لعبادتك ومناجاتك، وببركة ما فيها من اسرارك، بنور وجهك الكريم وسلطانك العظيم وبقدرتك وعظمتك وبواسع رحمتك وجميل فضلك واحسانك يا سميع يا قريب يا مجيب يا معطى يا وهاب يا أول يا أخير يا ظاهر يا باطن ان تقضى حاجتى وتعطينى مسألتى٠

والله اعلم بالصواب
Sumber:
مفاتيح الفرج
شيخ طه عبد الرؤوف سعد

You might also like