Dr KH Moh Sobron Zayyan, SQ, MA: Guru Para Juara MTQ Nasional

Provinsi Banten dikenal sebagai gudangnya qari-qariah, baik level lokal, nasional hingga internasional. Tak heran, jika setiap perhelatan MTQ tingkat nasional, Banten menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan daerah lain. Puncaknya, pada MTQN XXVI di NTB tahun 2016 menempatkan Banten sebagai juara umum.

Torehan tinta emas qari-qariah asal Banten tersebut tak lepas dari para kiai dan ustad yang mengembangkan seni baca Alquran. Salah satu guru qari di Banten yang berperan besar dalam melahirkan para juara qari-qariah, yakni KH Moh Sobron Zayyan, yang kini menjadi pimpinan dan pengasuh YPI Al-Quraniyah Kota Tangsel.

Kiai Sobron menceritakan, sejak kecil dirinya tak membayangkan akan memiliki sebuah lembaga pendidikan Islam seperti Al-qur’aniyyah. Ia hanya bercita-cita sederhana sebagaimana kebanyakan guru ngaji, yakni  bisa membangun mushala di samping rumah.

Namun justru karena sikap kesederhanaan, tawadhu’ dan keta’dziman kepada guru-gurunya serta keberkahan ilmunya,  satu per satu santri-santrinya   berdatangan untuk belajar Alquran.

Kala itu, meskipun masih usia remaja, Kiai Sobron sudah mulai eksis di dunia Alquran. Bukan hanya anak kecil yang beliau ajar, bahkan para remaja dan kaum bapak pun di ajarinya. Perlahan masyarakat sudah mengakui kefashihan bacaan Alquran yang dilantunkan dengan suaranya yang merdu.

Dari YPI Alquraniyyah tersebut, lahir banyak juara-juara qari-qariah yang mengharumkan Banten di kancah nasional dan internasional.

Kiai Sobron mengaku YPI Alquraniyyah bisa berkembang maju seperti sekarang ini, tak tak lepas dari dukungan tokoh masyarakat.

“Dukungan warga dan tokoh masyarakat serta doa para guru-guru kami, menjadi energi besar yang membuat  Alquraniyyah bisa jadi pondok pesantren yang besar dan menjadi kawah candradimukanya  para qari-qariah,” tuturnya.***

 

You might also like