B U K U

BUKU

Oleh  Dr.H.Ismatullah Syichabudin,S.Pd.,M.Pd

Buku adalah gudangnya ilmu, sekolah sangat bergantung pada buku, khususnya buku mata pelajaran.

Buku mata pelajaran yang dikeluarkan oleh kemdikbud bersifat elektronik bisa di unduh secara mandiri dan bisa juga dicetak secara masal oleh penerbit atas dasar kerja sama kedua belah pihak.

Rumitnya prosedur pelaporan belanja buku, diantaranya harus melalui siplah mengakibatkan toko buku terkena imbasnya, alias tidak laku, toko buku berinovasi menjadi toko buku umum, jual ATK dan perlengkapan lain yang terkait dengan kebutuhan para pelajar.

Sudah lumrah penerbit dan penjual mencari keuntungan dari aktifitasnya berbisnis di bidang buku pelajaran, namun terkadang pihak sekolah menjadi sasaran empuk para pemerhati pendidikan, padahal kedelai mahal, cabe naik, harga baju, pulsa, tol, bahan pangan lainnya tak jadi masalah dan jarang distributor dan penjualnya dikritiki habis bahkan menjadi perkara hukum yang berkepanjangan.

Guru adalah narasumber kualitatif yang patut dipercaya di sekolah, untuk beraktivitas di sekolah dalam menyampaikan pembelajaran di lengkapi dengan LKS dan buku referensi lainnya.

Tugas guru teramat mulia untuk mencerdaskan muridnya sebagai anak bangsa dan generasi penerus NKRI.

Buku adalah guru yang paling bijaksana, memberikan ilmu dengan kebisuan, mengajar dengan kesenyapan dan memberikan kemulian pada sang pembacanya, bahkan ada jaminan, tidurnya orang berilmu merupakan ibadah.

Buku adalah investasi paling berharga, untuk para penyusunnya buku adalah karya yang bernuansa amal jari’ah, tak kan terputus amal ibadahnya.*

Buku secara umum terdiri dari dua kategori, yaitu fiksi dan non fiksi, buku yang tergolong fiksi diantaranya, komik, novel, cerita, stensil, cerita film yang bersifat   daya hayal manusia tentang kehidupan, pergaulan. Sedangkan nob fiksi diantaranya, makalah, paper, skripsi, thesis, disertasi, jurnal ilmiah, karya tulis ilmiah.

Kitab suci merupakan wahyu illahi yang bersifat kualitatif, hudallinnas, hudalilmuttaqien, dan pembeda ysng hak dan batil serta ilmiah sumber dari dari segala sumber ilmu pengetahuan, sejarah, dan kehidupan akherat masa depan manusia.

You might also like