Anggaran STQ Nasional Dipatok Rp 40 Miliar

SERANG, (LPTQ).-

Pemprov Maluku Utara (Malut) telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 40 miliar untuk gelaran Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional.

Seperti dikutif Harian Halmahera Sabtu (26/12/2020), SK Menang nomor: 441/2020 tentang penunjukan Malut sebagai tuan rumah STQN  sudah ditindaklanjuti Pemprov Malut dengan membentuk panitia yang diketuai Kepala Bappeda Salmin Janidi.

Sementara Salmin kepada wartawan mengatakan, total anggaran untuk iven nasional itu dirancang sebesar Rp 40 miliar. Anggaran tersebut tersebar di sejumlah SKPD yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan STQ.

Disebutkan, setiap SKPD jumlahnya bervariasi, antara Rp 10  miliar hingga Rp 11 miliar, bergantung tingkat kesulitan pengurusan masing-masing bidang.

Dalam setiap rapat, Salmin meminta usulan proyeksi kebutuhan masing- masing bidang kaitan dengan yang akan menjadi integratif penyelenggaran STQ ini.

Kata dia, pengajuan anggaran masing- masing bidang sifatnya global yang sudah terinci. “Misalnya soal mobil transportasi ada di Dinas Perhubungan, Jadi global itu bukan ansih panitia, tapi panitia memfasilitasi untuk mereka mengajukan berdasarkan Tusi masing-masing SKPD,” jelasnya.

Nantinya, tambah dia, usulan anggaran tersebut direview oleh tim anggaran sebelum diusulkan ke TAPD dan Banggar untuk dibahas di  APBDP 2020 dan juga APBD 2021.

Dia menegaskan, Pelaksanaan STQ tetap dipusatkan di Sofifi sebagai  ibu kota Provinsi. Meski begitu, untuk hotel yang akan dipakai sebagai tempat menginapnya Presiden dan rombongan masih dipersiapkan Grand Sahid Hotel. “Karena untuk Hotel berbintang kelas presiden di Ternate hanya Grand Sahid,” terangnya.*

You might also like